PTW Master

Task 1 [TCP/IP]

Posted on: September 9, 2011

Sejarah TCP/IP

Sejarah TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) dimulainya dari lahirnya ARPANET yaitu jaringan paket switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969.

Pengertian TCP/IP
TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet.

  • TCP [Transmission Control Protocol]

Pengertian TCP

TCP adalah protokol yang memungkinkan program-program aplikasi untuk mengakses layanan komunikasi bersifat connection-oriented.TCP mampu memberikan jasa pengiriman yang dapat diandalkan (reliable) sekaligus bersifat flow-controlled.

Sifat dari TCP

  1. Connection-oriented
  2.  Reliable (keandalan)
  3.  Stream data transfer
  4.  Efficient flow control
  5.  Full-duplex operation
  6.  Multiplexing

 

  • IP [Internet Protocol]

Internet Protocol (IP) berfungsi menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. Oleh karena itu Internet Protokol memegang peranan yang sangat penting dari jaringan TCP/IP.

Sifat dari IP

1. Connectionless

setiap paket data yang dikirim pada suatu saat akan melalui rute secara independen.

2. Unreliable

Protokol IP tidak menjamin datagram yang dikirim pasti sampai ke tempat tujuan.

Biasanya suatu Datagram tidak sampai dengan selamat ke tujuan karena beberapa hal berikut:

a) Adanya bit error pada saat pentransmisian datagram pada suatu medium

b) Router yang dilewati mendiscard datagram karena terjadinya kongesti dan kekurangan ruang memori buffer

c) Putusnya rute ke tujuan untuk sementara waktu akibat adanya router yang down terjadinya kekacauan routing, sehingga datagram mengalami looping.

 

  • Contoh application  pada TCP/IP

1. TELNET

Sejarah telnet

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network.Telnet dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.Telnet memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

PengertianTelnet

Aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet.

  • Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi.
  • Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
  • Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today.

Telnet menggunakan 2 program yaitu:

  1. client (telnet)
  2. server (telnetd).

Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi.

  • Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination=23. Untuk interaksi banyak mesin maka dpat diganbarkan sebagai berikut :
  • Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet.
  • Dengan ftp anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file.
  • Telnet memungkinkan untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut.
  • Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet.
  • Komputer host memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada,bisa menggunakannya melalui Telnet.
  • Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat.

Cara pengunaan Telnet

Menggunakan UNIX
% telnet well.sf.ca.us
Trying 198.93.4.0…
Connected to well.sf.ca.us.
Escape character is ‘^]’.
Unix(r) System V Release 4.0 (well)
This is the WELL
Type newuser to sign up.
Type trouble if you are having trouble logging in.
Type guest to learn about the WELL.
If you already have a WELL account, type your username.
Login: |

Kesimpulan :

Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada komputer jarak jauh tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang tersedia.

Telnet secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh.

Host kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama database, menawarkan menu.

Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia.

Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem menggunakan bye atau off.

Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan

Gambar dari Telnet

 

2. E-mail (Elektronik Email)

Sejarah e-mail

Dimulai pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”. Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Komponen Email

Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Jenis Email

1.  Pop Mail

E-mail jenis ini sama dengan email yang di terima dari ISP.
Kelebihannya :
– Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet)  untuk mengecek email hanya perlu connect ke server POP mail lalu mendownload seluruh email yang ada.
Kekurangannya :
– Tidak bisa mengecek email di sembarang tempat

2.  Web Based Mail

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
– Bisa mencek email dari mana saja
Kekurangannya :
– Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.

3. Email Forwarding

Kelebihannya :
Bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email yang baru.

Metode Pengiriman

Untuk mengirim email memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan

Mengakses Email

Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.

Etika penggunaan email

Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal.

Beberapa poin penting dalam penulisan email:
1. Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
2.  Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
3.  Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.

Keamanan

Keamanan data di email tidaklah terjamin.Dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena email itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap email yang dikirimkan tersebut.

Email dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca email tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

Gambar dari email

3. Message Forums

Dalam sebuah blog atau web yang berisikan forum – forum dengan berbagai latar belakang pokok pembahasan kita banyak menjumpai obrolan atau tanya jawab antara banyak orang yang sedang tergabung dalam forum tersebut. Disini message forum menjadi salah satu penunjang bagi kita untuk melakukan tanya jawab

Gambar dari message Forum

 

5. Live Messaging

  • Windows Live Messenger atau Windows Live messaging adalah sebuah fasilitas chatting ala Microsoft.Dengan Windows Live Messenger ini kita dapat dengan mudah sekali membangun hubungan komunikasi dengan sangat mudah di internet.
  • Dengan Windows Live Messenger ini anda bisa mengirim pesan email, pesan singkat, berbagi foto, atau video maupun koleksi lainnya, pengelolaan dokumen, dan tentunya akan menjalin hubungan lebih erat lagi dengan teman maupun keluarga dengan mudah.
  • Windows Live ini juga memiliki fitur tambahan yang sangat muthakir, berupa Windows Live Movie Maker, Mail dengan sikronisasi kalendar, foto galeri, outlook conector, family safety, dan konten-konten lainnya yang berjumalah lebih dari 100 aplikasi lebih.
  • Fitur-fitur unggulan dari Windows Live Messenger adalah :

Messenger          : chatting dengan berbagi foto, ataupun bermain game
Mail                        : mengirim surat dengan sangat mudah
– Photo Galery     : mengupload koleksi foto anda, dan berbagi dengan teman-teman anda
Movie Maker     : mengatur klip video, foto, dan mempublishnya ke situs populer
Toolbar                : memudahkan untuk mengakses layanan Windows Live Messenger

  • Windows Live Messenger ini juga menambahkan versi baru dari Windows Live Movie Maker, Mail dengan sinkronisasi kalender, Foto Galeri, Family Safety dan Outlook Connector, dan konten lainnya dengan total kapasitas lebih dari 100M.
  • Fasilitas yang dimiliki oleh Windows Live Messenger :
    – Messenger
    – Mail
    – Photo Gallery
    – Movie Maker
    – Toolbar
    – Writer
    – Family Safety

 

Gambar dari live messaging


6. File Server

File Server merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yangmemiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. File server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan.

Contoh:

  • Mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang lain,
  • Menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain.
  • Tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat.

Karakter File Server:

  • Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
  • Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB
  • Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
  • Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau CD-RW)
  • Mempunyai banyak port network
  • Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas

Gambar dari file server

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • None
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Categories

%d bloggers like this: